Komunitas Taman Daun Siap Bangun Taman Baca Desa di Seluruh Kabupaten Lembata

Relawan Konunitas Taman Daun John Batafor
Relawan Komunitas Taman Daun John S. Batafor (Foto: facebook John S Batafor)

Lembata,¬†NUSALONTAR.com — Komunitas Taman Daun berencana membangun Taman Baca di seluruh desa yang ada di Kabupaten Lembata. Hal tersebut diungkapan oleh John S. Batafor, salah satu relawan Komunitas Taman Daun kepada NUSALONTAR hari ini, Senin (15/02/2021).

John mengatakan bahwa semua kita tentunya paham bahwa Taman Baca punya peran yang sangat penting untuk meningkatkan geliat literasi anak – anak. Oleh karena itu dia mengajak siapa saja yang punya semangat yang sama untuk membangun Lembata, agar turut bergabung bersama Komunitas Taman Daun guna membangun Taman Baca di setiap desa di kabupaten Lembata.

Bacaan Lainnya

“Kami siap membantu kerja sama bangun Taman Baca dan sediakan fasilitas penunjang,” ungkap John.

Selain itu, kata John, supaya aktivitas Taman Baca bisa lebih hidup, Komunitas Taman Daun berencana untuk menyediakan sukarelawan atau tenaga pengajar guna membimbing anak – anak belajar di setiap Taman Baca.

Selain tenaga sukarelawan lokal, tambah John, Komunitas Taman Daun juga akan meminta kesediaan sukarelawan manca negara untuk mendukung niat luhur ini.

“Tenaga pengajar yang saya maksudkan itu adalah relawan, baik di dalam negeri juga dari luar negeri. Tujuan datangkan relawan dari luar negeri adalah supaya bisa menunjang Pariwisata Lembata sendiri,” papar John.

John juga sangat berharap agar edukasi budaya di setiap daerah bisa lebih hidup dengan adanya Taman Baca Anak – Anak.

“Jika kita ingin anak – anak kita bisa bertumbuh cerdas, bisa bersaing dengan orang lain, dan bisa mengenal serta memahami budayanya sendiri, maka semua kita harus bergerak bersama untuk menyukseskan gerakan literasi. Taman Baca adalah salah satu solusi untuk mewujudkan harapan besar itu,” urai John.

John juga menyampaikan bahwa tidak ada persyaratan khusus bagi mereka yang akan direkrut. “Tidak ada standar ijazah atau lulusan terakhir, intinya punya kemauan membangun desa,” pungkasnya.

(JR)

Pos terkait