Kabar Gembira, Kopdit Swasti Sari akan Resmikan 2 Kantor Baru Lagi

 

KUPANG – Kerja keras KSP Kopdit Swasti Sari menorehkan prestasi gemilang diawal tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Hasil kerja cerdas dan kualitas pelayanan yang luar biasa itu membuat lembaga ini telah berhasil mengajak sekitar 10.000 orang warga kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) bergabung menjadi anggota koperasi itu.

Selain itu, meski baru beberapa tahun beroperasi, Kopdit Swasti Sari juga mampu mengumpulkan dan mengelola dana masyarakat sekitar Rp50 miliar lebih dengan skema simpan pinjam untuk pemberdayaan ekonomi anggota dan berbagai produk unggulan lain.

Maka, sebagai bonus dari kerja cerdas tersebut, manajemen kantor pusat KSP Kopdit Swasti Sari berupaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi anggota sebagai pemilik sah lembaga itu dengan menghadirkan sebuah gedung baru milik sendiri.

Gedung baru Kopdit Swasti Sari Cabang SoE yang terletak di jalan trans Timor, persis di depan Polres TTS itu rencananya diresmikan oleh Bupati TTS Egusem Pieter Tahun,ST pada hari Sabtu tanggal 21 Januari 2022.

General Manager KSP Kopdit Swasti Sari, Yohanes Sason Helan, saat dimintai komentarnya terkait rencana kegiatan tersebut mengatakan bahwa peresmian gedung baru sebagai kantor pelayanan bagi 10.000 orang anggota Swasti Sari di kabupaten TTS itu menjadi oleh-oleh awal tahun bagi seluruh anggota.

“Persembahan kantor pelayanan baru ini adalah bagian dari cara kita memberikan kenyamanan dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi anggota yang adalah pemilik sah lembaga ini. Setelah sekian tahun kita melayani anggota di TTS di kantor berstatus kontrak, kini kita akhirnya bisa membangun sebuah kantor sendiri. Inilah oleh-oleh awal tahun untuk anggota kita,“ ujarnya.

Yohanes Sason Helan

Kantor Cabang TTS yang tampak mentereng, luas, dan indah itu diharapkan bisa memberikan pelayanan yang lebih optimal, nyaman dan ramah bagi anggota dalam mengakses semua fasilitas pelayanan di Kopdit Swasti Sari.

Menurut sosok cerdas ini, dengan bergabungnya kurang lebih 10.000 orang anggota dengan aset yang beredar sekitar Rp50 miliar lebih, sejujurnya kabupaten TTS itu salah satu pasar potensial ekonomi berbasis koperasi dengan sentuhan pemberdayaan ekonomi melalui akses pinjaman berbunga murah.

“Kita dengar banyak juga warga yang selama ini terlilit hutang dari rentenir karena praktek ijon sehingga mengalami kesulitan hidup dan ekonomi yang luar biasa. Ini sangat disayangkan,” katanya.

Koperasi sebagai soko guru perekonomian, sebenarnya hadir dengan fasilitas murah meriah sebagai jembatan bagi masyarakat untuk mengakses permodalan yang murah namun selama ini jarang diarahkan oleh pihak-pihak yang punya otoritas.

Dia berharap banyak pihak harus mulai buka mata dan mendorong warga untuk terus berusaha, membuka unit usaha ekonomi produktif berbasis koperasi dengan skema pinjaman yang murah dan beradab.

“Kita jangan terkecoh dengan ulah rentenir yang sangat menyengsarakan masyarakat melalui pola ijon yang memberatkan. Mari bergabunglah dengan Koperasi karena disini andalah pemilik lembaga ini,” harap dia

Kantor Cabang Oesao

Menurut Yohanes, selain kantor baru Cabang TTS, dalam waktu dekat juga pihaknya akan meresmikan Kantor Cabang Oesao, di Kabupaten Kupang.

Kantor berkonstruski 4 lantai yang terletak di jalan Timor Raya, Oesao Kabupaten Kupang itu merupakan salah satu kantor termegah yang dipersembahkan lembaga untuk kurang lebih 30.000 orang anggota yang tersebar di puluhan KCP dan unit pelayanan di seantero kabupaten Kupang.

Gedung itu rencananya diresmikan oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat pada awal Februari mendatang.

Peresmian kedua kantor tersebut kata Yohanes adalah juga persembahan khusus dari manajemen untuk 160.000 orang lebih anggota dan lembaga tercinta Kopdit Swasti Sari yang akan memasuki Ulang Tahun ke-35 pada tanggal 1 Februari 2023. (*)

Pos terkait