Begini Cara SMAN 1 Nangapanda Tanamkan Budaya Peduli dan Gotong Royong

 

ENDE, NL – Para guru, pegawai, dan siswa SMA Negeri 1 Nangapanda, Kabupaten Ende melaksanakan bakti sosial di lingkungan sekolah, rumah ibadah, dan pasar pada Sabtu (25/2/2023) pagi.

Bacaan Lainnya

Wakasek Bidang Kesiswaan, Mardiyah, S.Pd., mengatakan, kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan diri, baik jasmani maupun rohani, pada masa puasa dan persiapan ujian tengah semester.

“Kegiatan tersebut sekaligus sebagai ajang penanaman budaya gotong royong dan peduli lingkungan dalam mewujudkan kebersihan dan keindahan lingkungan,” ujarnya.

Kerja bakti yang dilaksanakan ini, lanjut Mardiyah, selain diprioritaskan untuk membersihkan lingkungan sekolah dan menata ruang kelas yang akan digunakan sebagai ruangan ujian, terutama bertujuan pada pengembangan diri siswa dalam aspek kepedulian terhadap lingkungan sosial kemasyarakatan.

“Kegiatan kerja bakti sosial yang dilaksanakan ini merupakan pelaksanaan program rutin sekolah dalam menyongsong masa puasa dan persiapan ujian tengah semester,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk menguatkan karakter kegotongroyongan dalam melakukan kebersihan lingkungan.

“Apalagi baru semalaman (Jumat, 24/2/2023) Nangapanda diguyur hujan lebat dan angin yang cukup kencang sehingga banyak sampah berserakan di selokan dan jalan raya,” terangnya.

Kerja bakti, sambungnya, dilaksanakan di lingkungan Gereja Paroki Nangapanda dan Mesjid Muamalah Puukungu serta lingkungan Pasar Nangapanda.

Markus Nggare, S.Pd selaku Pembina OSIS menyampaikan rasa bangganya melihat kesadaran, kebersamaan, dan semangat para siswa dan para guru yang saling bekerja sama dalam melaksanakan kerja bakti.

“Ternyata semangat kebersamaan dan nilai kegotongroyongan dalam menciptakan kebersihan di lingkungan masih tetap ada dan terjaga. Walaupun iklim dan cuaca ekstrim yang baru terjadi tidak menghilangkan semangat dan budaya gotong royong semua pendidik dan peserta didik,” kata Markus Nggare.

Dengan kesadarannya, para guru dan siswa-siswi SMAN 1 Nangapanda membawa alat kebersihan sendiri untuk membersihkan lingkungan tempat ibadah dan pasar.

Kegiatan bakti sosial berlangsung sejak pukul 08.00 sampai 11.30 WITA dan dibagi menjadi tiga kelompok siswa-siswi dan para guru.

Kepedulian Lingkungan

Kepala SMA Negeri 1 Nangapanda, Simon Lowa, S.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup serta partisipasi dan kerjasama antara seluruh komponen sekolah.

Menurutnya, hal ini sangat baik dan berguna bagi perkembangan kehidupan sosial peserta didik. Simon Lowa juga menyampaikan, kegiatan kebersihan lingkungan juga menjadi perhatian khusus sekolah untuk mewujudkan sekolah yang bersih, sehat, dan indah dengan salah satu kegiatannya melalui kerja bakti bersama.

“Mudah-mudahan ini akan membangkitkan semangat gotong royong di lingkungan sekolah dan masyarakat, dan menjadi kerja nyata untuk menyelesaikan masalah kebersihan lingkungan. Sebab lingkungan yang bersih akan tercipta keindahan dan kenyamanan, serta resiko penyakit dapat dihindari,” tegasnya. (Ronny Soka/Tantri/JR)

Pos terkait