Andyos Manu: Kaum Muda Bukan Penggembira dalam Politik

Andyos Manu

KUPANG, NL – Partisipasi politik kaum muda diharapkan bukan hanya sebatas penggembira atau pelengkap dalam setiap momentum politik elektoral.

Pernyataan ini diungkapkan bakal calon legislatif (bacaleg) dari Partai Kebangkitan Nusantara, Andyos Manu, Rabu 17 Mei 2023.

Bacaan Lainnya

“Keterlibatan pemuda dalam politik kebijakan ini menjadi ikhtiar strategis untuk memastikan terakomodirnya setiap agenda kepemudaan secara berkelanjutan. Sebaliknya, absennya kaum muda justru hanya akan menjadi kelemahan utama pembangunan Indonesia di masa depan,” papar Andyos.

Menurut bacaleg Daerah Pemilihan (Dapil) NTT 7 (TTU, Belu, Malaka) itu, optimisme akan partisipasi kaum muda ini harus terus digaungkan, sehingga posisi kaum muda semakin strategis dalam politik.

“Jika optimisme ini menjadi keyakinan kita bersama, maka saya percaya, tak perlu menunggu waktu yang lama untuk mempraksiskan semangat zaman ini ke dalam lapangan politik kita,” sambungnya.

Andyos yang sebelumnya adalah Pemimpin Redaksi Media Online Beranda Nusantara ini mengakui bahwa memang tidak mudah bagi kaum mudah untuk bertarung di rimba politik.

“Tentu saja, memperjuangkan agenda kepemudaan melalui kerja-kerja politik bukanlah perkara yang mudah, terlebih jika direspon sebagai ancaman oleh elit politik tua. Yang perlu kita lakukan segera adalah mengonsolidasi kekuatan anak muda yang tercecer menjadi kekuatan kolektif yang utuh, agar iman politik kita menjadi tebal dalam meyakini apa yang dikatakan Pablo Neruda: You can cut all the flowers, but you can’t keep spring from coming (kamu bisa memotong semua bunga, tapi kamu tak bisa mencegah datangnya musim semi),” tandasnya.

Andyos berharap, masyarakat Indonesia, khususnya NTT, memberi ruang yang cukup bagi kaum muda untuk terlibat aktif dalam politik praktis, sehingga gerak perubahan bangsa ini bisa lebih progresif.

“Kaum muda kerap disematkan predikat sebagai agen perubahan. Atas dasar itu, jika kaum muda diberi ruang yang lebih besar untuk ikut mengambil bagian dalam setiap proses pengambilan kebijakan, maka saya yakin perubahan akan lebih cepat terjadi di negeri ini,” pungkasnya. (JR)

Pos terkait