Kabupaten Kupang Raih AGUPENA Award 2023 sebagai Penulis Buku Terbanyak

Tim Agupena NTT saat bertemu Plt Kadis P & K Kabupaten Kupang, Marthen Pahkbauw.

KUPANG, nusalontar.com | Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mendapat penghargaan sebagai kabupeten terbaik dan memiliki penulis buku terbanyak se-Indonesia.

Penghargaan ini diberikan dalam kegiatan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena), Sabtu 4 November 2023 yang lalu.

Bacaan Lainnya

Atas penghargaan tersebut, maka pada Selasa 28 November 2023, Ketua Agupena NTT Thomas Akaraya Sogen bersama Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH., dan beberapa guru penulis bertemu dengan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Marthen Pahkbauw untuk melaporkan prestasi yang diraih tersebut.

Menerima Tim.Agupena NTT, Marthen Pahkbauw menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih tersebut.

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Kupang saya menyampaikan terima kasih banyak atas prestasi yang dicapai ini,” ucap Marthen.

Marthen berharap, prestasi yang telah diraih bisa dipertahankan dan menjadi inspirasi bagi orang lain, terutama guru-guru dan anak didik di Kabupaten Kupang, bahkan NTT secara keseluruhan.

“Semoga menjadi contoh, bukan hanya bagi guru, tapi juga anak didik dan yang lainnya,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Agupena NTT, Thomas Akaraya Sogen menyampaikan bahwa dalam catatannya, sejauh ini baru ada dua kepala dinas yang mendukung secara nyata apa yang dilakukan oleh Agupena.

“Pertama, mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Piter Manuk, yang membantu kami untuk penerbitan jurnal ilmiah yang kami miliki. Waktu itu kami terbitkan jurnal hitam putih, namun dia minta supaya diterbitkan berwarna. Dan Agupena NTT adalah satu-satunya yang memiliki jurnal ilmiah yang terbit berkala sejak tahun 2015 hingga saat ini. Dan itu sangat membantu para guru untuk kenaikan pangkat,” beber Thomas.

Selain Piter Manuk, kata Thomas Akaraya, kepala dinas yang juga membantu Agupena secara konkret adalah (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, yang memberikan suport secara langsung untuk membantu tim Agupena yang berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan.

“Ini adalah sesuatu yang luar biasa bagi kami. Kami sungguh merasa termotivasi dan terbantu sekali,” ungkap Thomas.

Ia mengharapkan agar dukungan dan motivasi terus diberikan oleh pemerintah Kabupaten Kupang sehingga guru-guru di Kabupaten Kupang semakin termotivasi untuk terus menghasilkan karya yang bermanfaat selain untuk dirinya, juga bagi anak didik dan juga orang lain.

Sementara itu, Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH., selaku
Ketua Bidang Pelatihan Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Agupena Pusat, sekaligus Kepala SMPN 3 Kupang Barat yang juga hadir pada kesempatan itu mengharapkan agar pemerintah Kabupaten Kupang memberi dukungan penuh program Satu Guru Satu Buku (Sagusaku).

“Kita harapkan agar pemerintah kabupaten Kupang, khususnya Kadis Pendidikan dan Kebudayaan bisa mendukung program Sagusaku ini, sehingga lebih banyak guru lagi yang menulis dan bukunya diterbitkan,” ujarnya.**

Pos terkait