Sekda NTT: Pers Punya Peran Penting dalam Mempengaruhi Kebijakan Publik

 

KUPANG, nusalontar.com | Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kosmas D. Lana, mengatakan bahwa peran pers sangat penting untuk mempengaruhi keputusan-keputusan publik.

Bacaan Lainnya

“Dalam struktur pemerintahan, kita ini sesungguhnya masuk dalam infrastruktur politik yang dapat mempengaruhi keputusan publik,” ujar Kosmas dalam Pertemuan Bakohumas Lingkup Pemprov NTT yang dilaksanakan di Hotel Ima Kupang, Kamis (30/5/2024).

Peran penting pers dalam infrastruktur politik, kata Kosmas, bertugas untuk mempengaruhi keputusan yang akan diambil oleh suprastruktur politik yakni pemerintah.

Menurut Kosmas, yang menjadi persoalan adalah, seberapa kuat informasi, keterangan, atau berita yang diterbitkan bisa mempengaruhi suprastruktur dlm mengambil keputusan?

Berkaitan dengan itu, Kosmas menegaskan bahwa legalitas menjadi hal yang sangat penting.

“Bagaimana mungkin jika tdk punya legalitas kita bisa mempengaruhi keputusan politik.? Itu tdk mngkin,” tegas Kosmas.

“Jika punya legalitas, kita punya kontribusi yang luar biasa. Itulah arti penting pertemuan kita ini,” tambah Kosmas Lana.

Selain itu, Kosmas juga menekankan tentang pentingnya kesahihan data dalam sebuah pemberitaan.

Kosmas mengimbau agar insan pers bisa memberikan informasi yang benar dengan data-data yang valid agar bisa mengedukasi masyarakat dan membawa perubahan dalam hidup berbangsa.**

Pos terkait