Tangis Haru Siswa SDK Santo Arnoldus Penfui Kupang Warnai Acara Pengumuman Kelulusan dan Pelepasan Siswa Kelas VI

Foto bersama para guru dan siswa-siswi kelas VI SDK St. Arnoldus - Penfui

KUPANG, nusalontar.com | Siswa-siswi Kelas VI Sekolah Dasar Katolik (SDK) Santo Arnoldus Penfui Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), tak mampu menyembunyikan kesedihan dan rasa haru mereka pada acara pengumuman kelulusan dan pelepasan siswa/siswi Kelas VI Tahun Pelajaran 2023/2024.

Di tengah kegembiraan merayakan kelulusan, ada kesedihan dan air mata yang tertumpah karena perpisahan sudah ada di depan mata.

Bacaan Lainnya

Di halaman Gedung SDK St. Arnoldus, pada Senin (10/6/2024), berbagai kisah kebersamaan selama kurang lebih enam tahun seakan mengkristal dalam tawa dan tangis haru dalam momen pelepasan itu.

Mengusung tema “Pergilah, Sesungguhnya Aku Mengutus Kamu Seperti Anak Domba ke Tengah-Tengah Serigala”, acara pengumuman kelulusan dan pelepasan 97 siswa/siswi kelas VI diawali dengan perayaan Ekaristi Kudus yang dipimpin oleh Sekretaris Yayasan Swastisari, Romo Guido.

Kegiatan pelepasan tersebut dihadiri Kepala Sekolah SDK Santo Arnoldus Penfui, Yohanes Tamo Ama, S.Pd. SD., beserta dewan guru, Komite Sekolah, serta para orang tua wali murid.

Suasana kekeluargaan begitu terasa di antara para siswa/siswi, para guru beserta orang tua wali yang hadir dengan balutan busana daerah masing-masing etnis dari seluruh wilayah NTT dan sejumlah daerah di Indonesia.

Meski digelar sederhana, acara pelepasan siswa kelas VI itu berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai kesenian tarian lokal serta pertunjukan drama musikal yang ditampilkan siswa/siswi kelas V dan VI.

Pada kesempatan itu, dilakukan pula pembacaan dan pemberian piagam serta piala bagi kategori siswa/siswi berprestasi.

Momen haru dibaluti derai air mata perpisahan oleh para siswa/siswi kelas VI SDK Santo Arnoldus Penfui saat momen pemberian karangan bunga bagi para guru wali kelasnya masing-masing.

Kepala Sekolah SDK Santo Arnoldus Penfui, Yohanes Tamo Ama, S.lPd. SD., mengapresiasi kegiatan pengumuman kelulusan dan pelepasan siswa-siswi kelas VI ini dapat terselenggara dengan penuh hikmat dan meriah.

“Perlu kita mengapresiasi seluruh proses rangkaian acara sejak persiapan awal hingga hari ini dapat berjalan baik. Sesuai kesepakatan bersama panitia bersama orang tua wali, kegiatan pengumuman kelulusan dan pelepasan siswa-siswi SDK Santo Arnoldus Penfui tahun pelajaran 2023/2024 berkonsep tenunan lokal seperti pakaian adat etnis masing-masing siswa,” kata Yohanes.

Dia menjelaskan, perlu ditanamkan kecintaan anak-anak didik kita terhadap kekayaan budaya warisan leluhur yang harus dilestarikan ditengah perkembangan dan kemajuan teknologi seperti sekarang ini.

Yohanes menambahkan, dari 97 siswa/siswi kelas VI SDK Santo Arnoldus Penfui yang menerima hasil kelulusan dan dilepaskan hari ini merupakan representasi kekayaan budaya NTT maupun Indonesia sesungguhnya.

Dia memastikan, ke 97 siswa/siswi yang lulus dan dilepas tahun ini akan mampu bersaing dan siap mengikuti proses pembelajaran ke jenjang berikutnya karna sejak mendaftar hingga saat ini mereka dilepas secara lengkap tanpa ada yang ketinggalan atau keluar dengan alasan tertentu.

“Jadi hari ini kami melepas sebanyak 97 siswa/siswi kelas VI sesuai jumlah saat awal mereka masuk mendaftar sebagai pelajar di SDK Santo Arnoldus Penfui Kupang. Tidak ada yang kurang,” tegasnya.

Ia berharap, para siswa siswi yang saat ini adalah alumni SDK Santo Arnoldus Penfui tahun pelajaran 2023-2024 ini adalah anak-anak yang beriman dan berkarakter karena sudah dipersiapkan secara matang.

“Kami pihak sekolah terutama para guru tidak ragu lagi dengan anak-anak yang sudah kami bina dan didik. Mereka punya karakter, hebat dan luar biasa yang memiliki ciri khas khusus SDK Santo Arnoldus Penfui Kupang,” ungkap Yohanes.**

Pos terkait